14 April 2008

Sabar itu Indah lho...

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan; orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota."
(Amsal 16: 32)

Sabar ?? susah ?? ngak juga tuh...
emang sih edi jamannya era globalisasi ini, banyak merubah sifat orang dimana setiap orang pasti menginginkan proses yang cepat dimana dapat memudahkan hidup manusia itu sendiri.
Salath satu akibatnya ??? ya otomatis bermunculah budaya-budaya instan , budaya yang membuat orang ingin selalu merasa serba cepat dan mudah.
Dan ternyata buday yang instan in akan membuat manusia itu sendiri menjadi manusia yang tidak sabaran!! contoh kecilnya : lihatlah dijalan raya salatiga kalo udah jam 6:30 - 07.00 pagi , dimana hampir semua mobil, motor menjadi "cerewet" klakson bergantian berbunyi, bahkan sampai-sampai ada yang melanggar lalu lintas. so dilihta dari contoh kecil ini saja , kita dapt melihat bahwa ternyata kesabaran menjadi sebuah karakter yang langka pada saat ini.

Berbicara tentang kesabaran, penulis Amsal, pertama, mengungkapkan bahwa orang yang sabar melebihi seorang pahlawan. Mari kita lihat keistimewaan yang dimiliki seorang pahlawan, yaitu mempunyai mental baja; tidak gampang menyerah; berusaha keras untuk sesuatu yang diperjuangkannya. Karena itu sabar akan membuat orang bertahan hidup, menyelesaikan masalahnya tanpa harus patah semangat atau putus asa. la juga akan berpikir panjang dan dengan sabar dan setia belajar mengenali kehendak Allah. la menjadi semakin dekat dengan Allah dan menjadi orang yang bijaksana dalam situasi apapun. Inilah salah satu dampak yang indah dari kesabaran.

Kedua, penulis Amsal menyamakan seorang yang sabar dengan orang yang menguasai diri. la ungkapkan bahwa orang yang menguasai diri melebihi seorang yang merebut kota. Keistimewaan perebut kota dalam peperangan yaitu ia mempunyai penguasaan diri yang sangat baik. Ia tidak terburu nafsu ingin segera merebut kota sebelum menyelidiki benar-benar situasi kota yang ingin dikuasainya. Selain itu ia adalah orang yang jeli membaca situasi. Orang sabar mempunyai penguasaan diri yang sangat baik. Ia tahu bagaimana harus bertindak dalam mengatasi persoalan dan menghadapi orang lain tanpa harus dikuasai oleh emosi atau situasi. Ia selalu mencari jalan keluar yang sama-sama menang. Coba kita bayangkan persoalan keluarga atau apapun juga akan cepat selesai apabila anggota keluarga yang sedang berselisih mau bersabar. Kemarahan tidak dibalas dengan kemarahan lagi, tapi ditanggapi dengan tenang. Betapa indahnya kesabaran itu, mampu menyelesaikan persoalan yang rumit!
Karakter kesabaran adalah buah Roh Kudus. Roh Kudus ada dalam hidup kita sebagai orang percaya. Sebenarnya karakter kesabaran ini pun sudah ada dalam diri kita, tinggal kita berusaha memunculkan karakter ini dalam hidup sehari-hari.

Karena itu teruslah meminta pertolongan Roh Kudus dan terus mengasah kesabaran. Mem ang susah mungkin, tapi jika kita mencoba untuk melakukannya setiap hari, niscaya pasti sabar itu gampang dilakukan kok n ada juga yang bialan kalo ternyata sabar itu indah, loh

TUHAN memberkati.

( ant )

Tidak ada komentar: